Close

14 Hari Akses Mahakam Ulu Ditutup Sementara

– Terhitung dari tanggal 4 – 17 Mei

DISKOMINFOSTANDI, MAHULU – Terhitung mulai tanggal 4-17 Mei 2020, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu melakukan pelarangan penuh kepada masyarakat Mahakam Ulu yang hendak keluar masuk Kabupaten Mahakam Ulu, bahkan bagi warga yang bukan penduduk Mahakam Ulu tidak diperbolehkan masuk selama penetapan penutupan selama 14 hari tersebut.

Penutupan akses keluar masuk Kabupaten Mahakam Ulu dituangkan dalam Surat Instruksi Bupati Mahakam Ulu Nomor 188.6/4714/DINKES-TU.P.IV/2020 Tertanggal 30 April 2020.

Dengan mempertimbangkan perkembangan yang terjadi dimana penyebaran Corona Virus Disease (COVID) – 19 terjadi secara masif di seluruh wilayah Indonesia pada umumnya dan hampir semua kabupaten kota di Kalimantan Timur pada khususnya, maka dalam rangka peningkatan kewaspadaan, upaya pencegahan dan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu.

Makanya Bupati menginstruksikan dalam poin nomor satu untuk menutup sementara akses ke wilayah Kabupaten Mahakam Ulu selama 14 hari terhitung dari Hari Senin tanggal 4 Mei sampai Hari Minggu tanggal 17 Mei 2020, bagi penduduk yang mau bepergian baik ke luar wilayah maupun yang mau masuk ke wilayah Mahakam Ulu.

Sementara itu dalam poin tiga, instruksi Bupati ini tidak berlaku bagi penduduk yang sakit dan petugas kesehatan yang mendampingi baik pergi maupun pulang merujuk pasien dengan tetap mengikuti aturan ijin keluar masuk wilayah sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

Instruksi ini juga tidak berlaku bagi orang tertentu yang mendapatkan tugas strategis dari Negara seperti jaringan instalasi listrik, petugas pengamanan negara setelah mendapatkan persetujuan Bupati, yang dituangkan dalam poin empat. Instruksi ini juga tidak berlaku bagi penduduk Mahakam Ulu yang bepergian dalam wilayah Kabupaten Mahakam Ulu saja, yang dituangkan dalam poin lima.

Bupati juga menghimbau kepada warga Mahakam Ulu untuk tetap melakukan aktivitas pertanian/berladang, perkebunan dan aktifitas ekonomi seperti perdagangan dalam wilayah Kabupaten Mahakam Ulu tetap berjalan seperti biasa dengan tetap memperhatikan prosedur pencegahan COVID-19, yang dituangkan dalam poin enam. Demikian halnya dengan aktivitas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasa, yang dituangkan dalam poin tujuh.

Penulis : Alex, SH

Editor       : Adrianus Imat, S.Hut

Related Posts