Close

Akses Mahulu-Malinau Ditutup Sementara

DISKOMINFOSTANDI, MAHULU – Akses dari Kabupaten Mahakam Ulu menuju Kampung Mahak, Kecamatan Sungai Boh, Kabupaten Malinau, saat ini ditutup sementara oleh warga Sungai Boh dengan memasang portal kayu besar yang direbahkan ditengah jalan. Hal itu dilakukan untuk menutup akses sementara keluar masuk wilayah Kecamatan Boh guna memutus dan mencegah penyebaran virus Corona/COVID-19.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mahakam Ulu Toni Imang dihadapan Bupati  Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh dan Wakil Bupati Mahakam Ulu Y Juan Jenau, Sekda Mahakam Ulu Stephanus Madang dan Kepala OPD dan Pejabat Eselon III dalam Rapat Pimpinan Kabupaten Mahakam Ulu yang dilaksanakan di Balai Adat Kabupaten Mahakam Ulu, Senin (4/5).

“Kebetulan portal kayu yang dipasang tersebut, berada di kilometer 126, saat tim dari Kabupaten Mahakam Ulu melakukan kunjungan ke kilometer 122 yang hendak dibangun Posko Pemantauan antara Kabupaten Mahakam Ulu dengan Malinau,” ungkap Toni Imang.

Lebih jauh disampaikannya, berdasarkan informasi yang ada, ada warga disana yang positif, sehingga warga disana memutuskan untuk menutup akses keluar masuk. Hanya saja ada kemungkinan dalam waktu dekat portal itu akan dibuka dikarenakan ada empat kecamatan yang menggunakan akses jalan itu selama ini, yang sekarang mengalami kesulitan untuk keluar masuk.

“Untuk itu kita dari Kabupaten Mahakam Ulu harus segera membentuk posko disana, guna mengawasi keluar masuk orang, agar dapat mencegah dan memutus penyebaran virus,” tegasnya.

Dijelaskan Toni, dari hasil kunjungan ke perbatasan beberapa waktu lalu, ada satu rumah penduduk yang bersedia digunakan untuk dijadikan posko pengawasan. Kebetulan rumah itu memang kosong sehingga dapat dipergunakan untuk tempat tinggal petugas dari Mahakam Ulu yang bertugas disana.

“Hanya saja tinggal menyiapkan sarana prasarana dan segala bentuk kebutuhan disana, selama petugas kita bekerja disana, serta pembuatan lapangan parkir kendaraan disana,” ujar Toni.

Mendengar laporan yang disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Toni Imang, Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh menginstrusikan kepada Tim Gugus Tugas untuk merealisasikan pembangunan posko pengawasan di Kilometer 122 dan juga dapat meminta bantuan perusahaan yang ada disekitar untuk meminjamkan alat berat untuk pembuatan parkiran kendaraan.

“Saya minta agar Tim Gugus Tugas dapat bergerak cepat,” tandas Boni.

Penulis : Alex, SH

Editor   : Adrianus Imat, S.Hut

Related Posts