Close

Kapal Barang dan Sembako Diijinkan Masuk

DISKOMINFOSTANDI, MAHULU – Dengan mempertimbangkan perkembangan yang terjadi dimana penyebaran Corona Virus Disease (COVID) – 19 terjadi secara masif di seluruh wilayah Indonesia pada umumnya dan hampir semua kabupaten kota di Kalimantan Timur pada khususnya, maka dalam rangka peningkatan kewaspadaan, upaya pencegahan dan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu.

Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu melalui Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh mengeluarkan Surat Instruksi Nomor 188.6/4714/DINKES-TU.P.IV/2020 Tertanggal 30 April 2020, yang menegaskan bahwa untuk menutup sementara akses ke wilayah Kabupaten Mahakam Ulu selama 14 hari terhitung dari Hari Senin tanggal 4 Mei sampai Hari Minggu tanggal 17 Mei 2020, bagi penduduk yang mau bepergian baik ke luar wilayah maupun yang mau masuk ke wilayah Mahakam Ulu.

Walaupun begitu, dalam instruksi tersebut memberikan kelonggaran bagi armada barang, material, logistik, kebutuhan pokok masyarakat tetap diperkenankan masuk dengan catatan mengikuti prosedur yang berlaku.

Persyaratan yang harus dilakukan yaitu mengajukan/membuat ijin masuk dan mengisi data penapisan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

Kemudian untuk angkutan kendaraan darat yang mengangkut barang dibatasi maksimal dua orang yaitu sopir dan kernet.

Sedangkan angkutan perahu bermotor besar/speedboat/longboat yang membawa barang dibatasi hanya untuk motors dan pembantu (helper).

Untuk kapal sungai yang mengangkut barang dibatasi nakhoda dan anak buah kapal (ABK) saja dan tidak diperkenankan membawa penumpang. Sedangkan untuk ketinting/perahu bermotor kecil dan sepeda motor yang membawa barang hanya diperbolehkan motoris/pengendara saja tanpa penumpang.

Bagi kendaraan darat dengan sopir bukan dari Mahakam Ulu/Kartu Tanda Penduduk (KTP) luar, hanya boleh menurunkan/drop barang ke tempat tujuan kemudian diharapkan segera kembali dan tidak diperkenankan menginap di area kampung/pemukiman penduduk.

Bagi kendaraan speedboat/longboat/kapal dimana motoris/nahkoda beserta helper/ABK bukan dari Mahakam Ulu /KTP luar, hanya boleh menurunkan/drop barang ke tempat tujuan kemudian segera kembali jika waktunya memungkinkan, apabila terpaksa harus menginap, tidak diperkenakan menginap di area kampung/pemukiman penduduk dan sebaiknya tetap di dalam speedboat/longboat/kapal masing-masing.

Penulis : Alex, SH

Editor   : Adrianus Imat, S.Hut

Related Posts