Close

Upaya Penganggulangan covid -19 Pemkab Mahulu Siapkan Ambulans Khusus

DISKOMINFOSTANDI, MAHULU – Selama masa pandemi COVID-19, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana mengadakan empat mobil ambulans dan satu mobil jenasah, yang penganggarannya dari Biaya Tidak Terduga untuk Penanggulangan COVID-19.

Hanya saja keempat mobil ini akan ditukarkan dengan empat mobil double gardan yang berada di Puskesmas Ujoh Bilang, Puskesmas Laham dan Rumah Sakit Gerbang Sehat Mahulu (GSM), yang nantinya dipergunakan Khusus untuk membawa pasien rujukan menuju rumah sakit perawatan COVID-19 terdekat yaitu Rumah Sakit Harapan Insan Sendawar.

“Keempat mobil ini akan diberikan ke puskesmas dan rumah sakit, dimana mereka memiliki mobil yang double gardan, dan nantinya mobil tersebut akan kita tarik dan menjadi mobil rujukan untuk kasus covid maupun non covid,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Mahakam Ulu Agustinus Teguh Santoso saat diwawancarai seusai mengikuti acara penyerahan kendaraan ambulans dan penyerahan alat semprot dan penyerahan bantuan korban kebakaran di panggung utama lapangan Ujoh Bilang, Jumat (5/15).

Lebih jauh dijelaskannya, selama masa COVID – 19, maka pasien rujukan harus langsung diantar dan tidak boleh estafet, seperti yang terjadi selama ini pasien rujukan dibawa melalui transportasi kapal atau speedboat dan sesampai di Tering dijemput menggunakan mobil ambulans. Maka selama pandemi ini sesuai prosedur, maka kami menyiapkan armada khusus dari kabupaten yaitu empat mobil gardan yang merupakan penarikan dari puskesmas dan rumah sakit, untuk disiagakan menjadi unit rujukan, sehingga pasien langsung diantar ke RS HIS.

“Nah sebagai gantinya, kami adakan mobil non double gardan, yang dipergunakan di seputaran ibukota, karena kondisi jalan di ibukota sudah bagus,” ujar Teguh.

Teguh mengungkapkan, sebenarnya mobil yang kita pesan ini khusus untuk covid – 19, dimana didalamnya dilengkapi dengan APD COVID – 19, dan dikabinnya ada semacam UV yang berfungsi untuk menstabilkan kabin.

“Ini sangat bagus sekali, karena mobil ini didesain untuk menjemput orang dalam masa pandemi COVID-19,” tandas Teguh. (Alex/AI)

Related Posts