Close

Kesepakatan Bersama Percepatan Kalender Tanam

DISKOMINFOSTANDI, MAHULU – Setelah mendengar berbagai masukan, khususnya dari Dewan Adat Dayak Kabupaten Mahakam Ulu, akhirnya menghasilkan kesepakatan bersama Percepatan Kalender Tanam Dalam Rangka Penanggulangan Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi dan Ketahanan Pangan Masyarakat Di Kabupaten Mahakam Ulu.

Kesepakatan itu terwujud, pada saat Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh memimpin rapat pembahasan Percepatan Kalender Tanam Dalam Rangka Penanggulangan Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi dan Ketahanan Pangan Masyarakat Di Kabupaten Mahakam Ulu, yang dilaksanakan di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D), Selasa (20/5).

Suasana rapat pembahasan Percepatan Kalender Tanam Dalam Rangka Penanggulangan Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi dan Ketahanan Pangan Masyarakat Di Kabupaten Mahakam Ulu, yang dilaksanakan di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D), Selasa (20/5).

Dalam kesepakatan itu, pertama disusunnya kalender musim tanam dengan melihat dan mempertimbangkan aspek kearifan lokal dan adat istiadat yang berlaku didalam wilayah adat masing-masing kampung.

Kedua, melakukan optimalisasi pengendalian hama dan penyakit tanaman dalam rangka peningkatan produksi pertanian yang diusahakan.

Ketiga, pengendalian pembukaan lahan ladang dengan cara dibakar mengacu pada kearifan lokal sehingga tidak terjadi Kebakaran hutan yang lebih luas. Keempat, upaya ekstensifikasi, intensifikasi dan optimalisasi lahan basah (sawah) dan lahan kering (ladang).

Kelima, dalam rangka penyesuaian percepatan musim tanam diupayakan untuk menggunakan benih padi lokal dan juga penggunaan benih padi unggul dalam upaya peningkatan produksi, keenam, masa musim tanam ditetapkan dalam kurun waktu yang sama mulai dari Kampung Mamahak Teboq sampai Kampung Long Apari.

Untuk ladang (Parai ja’ai/pejulu/kelimang/aee/ayai) masa tanam dipercepat pada awal Bulan Juni Tahun 2020 dan untuk ladang besar masa tanam dilaksanakan pada Bulan September – Oktober Tahun 2020, sementara untuk lahan sawah mengikuti jadwal/kalender nasional yaitu April – September dan Oktober – Maret.

Keenam, perlu dibuat kesepakatan bersama terkait kalender atau jadwal musim tanam yang dituangkan dalam Instruksi Bupati Mahakam Ulu yang dibuat secara bersamaan dengan berita acara kesepakatan ini.

Ketujuh, perlu adanya program dan kegiatan untuk inovasi pertanian dalam arti luas yang berbasis teknologi pertanian dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dalam rangka meningkatkan produktivitas dan ekonomi masyarakat di Kabupaten Mahakam Ulu.

Kedelapan, masyarakat dianjurkan untuk menanam tanaman pangan dan hortikultura seperti jagung, sayuran dan umbi-umbian disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing petani dan masyarakat dengan memanfaatkan pekarangan rumah ataupun lahan kosong yang dimiliki.

Kesembilan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian melakukan sosialisasi terkait Surat Instruksi Bupati Mahakam Ulu Nomor : 5263 Tahun 2020 Tanggal 19 Mei 2020 tentang Percepatan Kalender Musim Tanam dalam Rangka Penanggulangan Dampak Pandemi Covid – 19 Terhadap Ekonomi dan Ketahanan Pangan Masyarakat di Kabupaten Mahakam Ulu.

Kesepuluh, hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan ritual budaya dan adat istiadat dapat menyesuaikan dengan jadwal musim tanam yang ditetapkan dalam Instruksi Bupati Mahakam Ulu.

Nampak hadir dalam rapat itu Wakil Bupati Mahakam Ulu Y Juan Jenau, Penjabat Sekretaris Daerah Mahakam Ulu Stephanus Madang, Wakil Ketua I DPRD Mahakam Ulu Tiopilus Hanye, Ketua Komisi II DPRD Mahakam Ulu Bo Himang, Anggota DPRD Mahakam Ulu Dalmasius dan Martina Luaq, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan E Tek Hen Yohanes, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Saripudin, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Yohanes Andi Abeh, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (DPMPK) Ubang Nyau, Kapolsek Long Bagun Purwanto, Danramil Long Bagun Wayan Sudiarsa, Camat Long Apari Y Belareq Hujang Naniq, Camat Long Pahangai Lawing Ngau, Camat Long Bagun Yason Liah, Camat Laham Petrus Juk, Kabag Hukum Arsenius Luhan, Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Lorensius Liah, Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Mahakam Ulu Yustinus Ibo Ului. (Alex/AI)

Related Posts