Close

Selama Masa Tutup Dilarang Masuk, Kecuali

DISKOMINFOSTANDI, MAHULU – Di masa tutup, setiap orang baik secara perorangan maupun kelompok tidak diperkenankan masuk ke wilayah Mahakam Ulu terkecuali orang dengan tugas penting dan strategis dengan ijin yang diberikan oleh Bupati Mahakam Ulu.

Hal itu tertuang dalam Instruksi Bupati Mahakam Ulu Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Pengaturan Akses ke Wilayah Kabupaten Mahakam Ulu Dalam Rangka Pengendalian Penyebaran Wabah COVID-19, tertanggal 15 Mei 2020.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, sedang membahas pengaturan ijin keluar masuk moda transportasi sungai dan darat di Sekretariat TGT Kabupaten Mahakam Ulu di BPU Ujoh Bilang

Adapun orang dengan tugas penting dan strategis dengan ijin yang diberikan oleh Bupati Mahakam Ulu yaitu pejabat negara/pemerintah dan/atau yang menjalankan tugas negara/pemerintah. Perorangan maupun kelompok yang melakukan tugas bidang keamanan negara (TNI/POLRI), kesehatan, bahan pangan, energi, komunikasi dan teknologi informatika, keuangan, logistik, konstruksi, pemenuhan kebutuhan sehari-hari, pelayanan dasar, utilitas publik dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional dan objek tertentu.

Dimana pada masa tutup, setiap orang baik secara perorangan maupun kelompok diperkenankan masuk ke wilayah Mahakam Ulu, terlebih dahulu mengajukan surat permohonan ijin masuk ke wilayah Mahakam Ulu yang ditujukan kepada Bupati cq Ketua Sub Tugas Administrasi dan Keuangan dengan melampiri surat permohonan masuk ke wilayah Mahakam Ulu, mengisi formulir penapisan yang diisi oleh pemohon dan hasil terakhir dari pemeriksaan Rapid Diagnosa Test (RDT) COVID-19 terbaru dari institusi/laboratorium kesehatan yang berijin di luar Mahakam Ulu dengan hasil tes negatif/non reaktif. Surat tersebut harus berusia paling lama tujuh hari.

Apabila telah memenuhi seluruh persyaratan, maka kepada pemohon akan diberikan surat ijin masuk ke wilayah Mahakam Ulu yang akan dikirimkan kepada pemohon secara elektronik.

Lalu pada saat masuk ke Mahakam Ulu, pemohon harus membawa dan menunjukkan surat ijin masuk dan surat hasil pemeriksaan RDT COVID-19 ke petugas di Pos Pengawasan dan Pengendalian Kesehatan (Wasdalkes) yang telah ditetapkan.

Kemudian setelah tiba di tempat tujuan di wilayah Mahakam Ulu agar langsung melaporkan diri ke aparat pemerintah atau kesehatan setempat.

Apabila tidak bisa menunjukkan surat ijin masuk dan surat hasil pemeriksaan RDT-COVID-19 dan/atau apabila pada saat pemeriksaan di Pos Wasdalkes ditemukan indikasi gejala sperti batuk, pilek, demam, sakit tenggorokan dan sesak nafas, maka yang bersangkutan tidak diperbolehkan masuk ke wilayah Mahakam Ulu dan harus kembali dengan biaya sendiri.

Pelaku perjalanan tersebut dalam pelaksanaan tugasnya diperkenankan membawa moda transportasi sendiri dengan tetap menerapkan protokol penanganan COVID-19, serta ketentuan oleh Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu.

Perlu diketahui jadwal masa tutup yaitu dari tanggal 25 Mei – 7 Juni, tanggal 15-28 Juni, dan tanggal 6 – 19 Juli. (Alex/AI)

Related Posts