Close

BUPATI MINTA ADAKAN PASAR TANI

– Agar petani Mahulu dapat memasarkan hasil pertaniannya

DISKOMINFOSTANDI, MAHULU – Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Mahakam Ulu, khususnya para petani, Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Mahakam Ulu, agar dapat merancang dan mengadakan pasar tani di ibukota Kabupaten Mahakam Ulu.

Nantinya pasar tani itu dapat menjadi sarana bagi petani Mahakam Ulu dalam memasarkan produk pertaniannya kepada warga Mahakam Ulu, ditengah pandemi COVID-19, sehingga tidak terlalu mengandalkan pasokan dari luar Kabupaten Mahakam Ulu.

Hal ini disampaikan Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh dalam Rapat Koordinasi dan Evaluasi Tim Gugus Tugas (TGT) Mahakam Ulu dalam Percepatan Penanganan Covid – 19, yang dilaksanakan di ruang rapat Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D), Selasa (26/5).

“Wacana pasar tani sudah lama saya sampaikan melalui sekda, agar sekiranya dapat difasilitasi, yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat petani Mahakam Ulu,” tandas Bonifasius.

Ditambahkannya, posisi pemerintah hanya mempersiapkan sarana dan prasarananya saja, kemudian mengundang para petani untuk menjual hasil pertanian yang mereka tanam dikebunnya.

“Nanti coba cari tempat yang strategis antara Ujoh Bilang dan Long Bagun, lalu kita siapkan stand/tempat jualan ukuran 3×3 meter sebanyak 20 unit,” ujar Bonifasius.

Setelah itu berjalan, lanjut Bonifasius, coba dipantau seperti apa perkembangannya, dan apabila berjalan dengan baik mungkin bisa ditambah tempat jualannya serta jadwal pasar tani.

Mungkin bisa saja pasar tani itu ditempatkan disepanjang jalan dan tidak perlu siapkan lokasi yang harus masuk ke dalam. Kalau untuk desain tempat jualan dapat bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mahakam Ulu.

“Saya berharap minggu depan kegiatan pasar tani ini sudah dapat berjalan, sehingga para petani dapat memasarkan hasil pertaniannya,” tandas Bonifasius. (Alex/AI)

Related Posts