Close

PEMKAB MAHULU LAKUKAN RAPID TEST MASSAL

– Guna Memutus Mata Rantai Pandemi COVID-19

DISKOMINFOSTANDI, MAHULU – Guna memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu melakukan rapid test bagi seluruh masyarakat Mahakam Ulu, mulai dari kalangan Bupati, Wakil Bupati, Anggota DPRD, pejabat di lingkungan OPD, anggota TNI POLRI, Pedagang, Pelaku Usaha dan masyarakat Mahakam Ulu tanpa terkecuali. yang dilaksanakan di Rumah Sakit Pratama Gerbang Sehat Mahulu, rumah dinas dokter dan di Balai Pertemuan Umum Kampung Ujoh Bilang, Rabu, (3/6)

Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh beserta isteri Ny. Yovita Bulan saat melakukan rapid tes

Meskipun Kabupaten Mahakam Ulu masih dalam status Hijau, dimana tidak ditemukan penderita COVID-19, namun tetap dilakukan upaya pedeteksian apakah Mahakam Ulu bebas dari pandemi COVID-19.

Untuk mewujudkan gerakan itu Tim Gerak Cepat Gugus Tugas Bidang Kesehatan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Rapid Tes Massal Bertahap di Kabupaten Mahakam Ulu.

Wakil Bupati Mahakam Ulu Y.Juan Jenau beserta isteri Ny. Martina Luaq Juan saat melakukan rapid tes

Di dalamnya tertuang dimana pelaksanaan pemeriksaan dilakukan di Rumah Sakit Gerbang Sehat Mahulu (GSM) dan BPU Kecamatan Ujoh Bilang untuk tingkat Kabupaten, sedangkan di tingkat kecamatan dan kampung diatur oleh TGC Kecamatan dengan berkoordinasi camat, puskesmas, koramil, polsek dan petinggi.

Kemudian pemilik usaha, pedagang, pemilik toko, warung, pedagang keliling, perusahaan swasta dan perbankan diwajibkan melakukan RDT Test dengan biaya sendiri, dan apabila tidak melakukan RDT Test maka tidak diperkenankan berjualan/membuka warung.

Sementara itu biaya rapid test, bagi masyarakat Mahakam Ulu yang berKTP/KK Mahulu tidak dikenakan biaya/gratis, sedangkan bagi pihak-pihak yang telah ditetapkan dikenakan biaya sebesar Rp 250.000 saat rapid test massal, sedangkan diluar rapid test massal dikenakan biaya Rp 450.000 per orang.

Pelaksanaan rapid test mulai pukul 09.00 – 16.00 wite, dengan tim gabungan yaitu dinas kesehatan, rumah sakit, puskesmas, tenaga kesehatan dari Pamtas 303 dan Raider 200. (Alex/AI)

Related Posts