Close

AKHIRNYA PELAKSANAAN IBADAH KEAGAMAAN DIBUKA

– Namun dengan tetap memperhatikan standar Protokol Kesehatan COVID-19

DISKOMINFOSTANDI, MAHULU – Setelah duduk bersama antara Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) dengan tokoh agama Kristen dan Islam, akhirnya menyepakati pelaksanaan ibadah kembali dibuka dengan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan COVID-19, dalam rapat Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) yang dipimpin Wakil Bupati Y. Juan Jenau, di kantor Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Rabu, (5/6)

Dan dalam kesepakatan apabila terjadi pelanggaran maka pelaksanaan ibadah akan dicabut.

Isi kesepakatan yang tertuang dalam judul Rapat Koordinasi Pembahasan Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan dan Sosial di Rumah Ibadah Pada Masa Pandemi  COVID-19 di Wilayah Kabupaten Mahakam Ulu antara lain, Pertama, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu mulai menerapkan fase relaksasi/pelonggaran menuju new normal life (tatanan kehidupan baru) pada kegiatan keagamaan di rumah ibadah dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aman COVID-19 di masa pandemi, yaitu dimulai pada hari Kamis tanggal 4 Juni 2020.

Kedua, menyetujui draft final isi surat edaran bupati tentang panduan penyelenggaraan kegiatan keagamaan dan sosial di rumah ibadah pada masa pandemi COVID-19 di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu.

Ketiga, bersedia melaksanakan protokol kesehatan dan menjadi teladan bagi jamaah/umat dan masyarakat sekitar rumah ibadah.

Keempat, bersedia dievaluasi secara berkala atas pelaksanaan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan ibadah berjemaah/kolektif di rumah ibadah.

Kemudian dengan dikeluarkannya surat edaran ini, maka surat edaran bersama Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mahakam Ulu, Komandan Komando Rayon Militer 0912-03 Long Bagun, Kepolisian Sektor Long Bagun, Kementerian Agama Kabupaten Mahakam Ulu, Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Mahakam Ulu, Kevikepan Mahakam Ulu Nomor : 188.6/4466/UMUM-TU.P/IV/2020 Tentang Himbauan Kepada Pengurus Rumah Ibadah dan Organisasi Keagamaan Dalam Penyelenggaraan Ibadah Pada Kondisi Status Tanggap Darurat Bencana Akibat COVID-19 dinyatakan tidak berlaku lagi.

Hadir dalam rapat Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas Dodit Agus Riyono, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mahakam Ulu Longginus, Ketua Dewan Adat Dayak Wilayah Mahakam Ulu Yustinus Ibo Ului, Ketua MUI Mahakam Ulu H Yasin, Vikep Kevikepan Mahakam Ulu Pastor Ding, Kepala Dinas Ketentraman Ketertiban dan Perlindungan Masyarakat Lawing Nilas, Camat Long Bagun Yason Liah, Kapolsek Long Bagun AKP Purwanto, Danramil Long Bagun Lettu Inf Wayan Sudiarsa dan beberapa tokoh agama. (Alex/AI)

Related Posts