Close

BUPATI : DANA BLT MEMBANTU MASYARAKAT YANG TERKENA DAMPAK COVID-19

– Penyerahan simbolis dilakukan di Kampung Muara Ratah, Danum Paroy dan Laham

DISKOMINFOSTANDI, MAHULU –  Guna membantu masyarakat Mahakam Ulu yang terkena dampak dari pandemi COVID-19, Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh kembali menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga Kecamatan Laham, penyerahan secara simbolis dilakukan di Kampung Muara Ratah, Danum Paroy dan Laham, Jumat (5/6).

Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh menyerahkan BLT kepada masyarakat di Kampung Laham

Namun jauh sebelumnya Bupati telah menyalurkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kecamatan Long Hubung pada tanggal 27 Mei, dilanjutkan di Kecamatan Long Bagun pada tanggal 28 Mei, dilanjutkan lagi di Kecamatan Long Apari pada tanggal 3 Juni dan di Kecamatan Long Pahangai pada tanggal 4 Juni.

Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh menyerahkan BLT kepada masyarakat di Kampung Danum Paroy

Dalam sambutannya Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh menjelaskan, penyaluran dana BLT Dana Desa di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu mengikuti anjuran dari pemerintah pusat melalui Surat Edaran Kemendes Nomor 8 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50 Tahun 2020, bahwa semua dana desa wajib disalurkan kepada masyarakat terkait wabah pandemi COVID-19.

Bagi daerah yang mendapatkan dana desa mencapai Rp 400 juta wajib menyalurkan dana sebanyak 20 persen, sedangkan yang mendapat dana kisaran Rp 500 juta hingga 1,2 Miliar wajib menyalurkan dana sebesar 30 persen dan diatas Rp 1,2 Miliar menyalurkan dana sebesar 35 persen. “Inilah dana yang kita salurkan untuk membantu masyarakat Mahakam Ulu,” ungkap Bonifasius, dalam sambutanya di Balai Adat Kampung Laham, Kecamatan Laham.

Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh menyerahkan BLT kepada masyarakat di Kampung Laham

Dijelaskannya, adapun besar dana BLT yang diterima masyarakat yaitu sebesar Rp 600 ribu untuk tahap pertama di bulan Januari hingga Maret, kemudian sebesar Rp 300 ribu untuk bulan April hingga Juni. Sedangkan masyarakat yang menerima antara lain masyarakat yang hidup berkekurangan atau masyarakat miskin, terkena PHK, terkena penyakit kronis dan penyakit menahun yang menyebabkan si penerima tidak dapat berusaha mencari nafkah.

“Mereka inilah yang berhak menerima BLT  Dana Desa, dan saya meminta kepada pengurus kampung hingga RT dapat menjelaskannya kepada masyarakat. Ini bukan maunya pemerintah ataupun bupati, namun itu sudah aturan yang mengaturnya,” ungkap Bonifasius.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat juga pemerintah akan menyalurkan bantuan sembako, yang merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat dalam mengatasi kesulitan hidup yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

“Untuk itu diharapkan agar dana BLT yang disalurkan untuk dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari,” pinta Bonifasius.

Dalam penyerahannya Bupati Mahakam Ulu didampingi Ketua DPRD Mahakam Ulu Novita Bulan, Camat Laham Petrus Juk, Kapolsek Long Hubung – Laham Nyoman, Kepala Bidang Pemerintahan Kampung Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Suriyanto. (Alex/AI)

Related Posts