Close

Bupati : Pasar Tani Memberikan Lima Manfaat

DISKOMINFOSTANDI, MAHULU – Dengan beroperasinya Pasar Tani secara berkala, Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh mengungkapkan ada lima hal yang memberikan manfaat bagi Petani dan masyarakat Mahakam Ulu dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Saripudin, saat membuka dan meresmikan Pasar Tani setiap Rabu dan Sabtu di Simpang Tikah, Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Sabtu (6/6).

Masyarakat sedang berbelanja di Pasar Tani Kabupaten Mahakam Ulu

Ditambahkannya, kegiatan ini bertujuan memutus mata rantai pasokan komoditi pangan, agar dapat mengendalikan harga komoditi pangan yang pada akhirnya memberikan manfaat bagi petani maupun masyarakat.

“Disinilah peran pemerintah untuk menjembatani petani, untuk dapat bertemu langsung dengan pembeli dari hasil taninya,” ungkap Saripudin.

Manfaat yang dapat diambil dengan adanya pasar tani ini, lanjut Saripudin, Pertama, petani memiliki kesempatan untuk menjual hasil taninya tanpa perantara, dengan begini petani bisa mendapatkan harga yang layak atas hasil taninya, tanpa harga yang ditetapkan oleh perantara, dan bisa menjual harga dibawah harga perantara.

Aneka sayur hasil kebun masyarakat Mahakam Ulu yang dijajakan di Pasar Tani

“Karena  Pemerintah kabupaten telah memfasilitasi moda transportasi dari lahan pertanian menuju pasar tani,” ungkap Saripudin.

Kedua, dengan adanya pasar tani ini, maka petani bisa menjual seluruh hasil panennya langsung kepada konsumen, sehingga berdampak pada ekonomi dan  kesejahteraan sosial para petani, ini juga ekonomi petani akan meningkatkan apabila petani merubah cara bertaninya dengan lebih intensif dan bernuasa produksi, dengan pertanian petani bertani dengan secara rutin, dan hasilnya dapat diproduksi secara terus menerus.

Ketiga, masyarakat akan mendapatkan harga beli yang lebih terjangkau, dan masyarakat dapat menikmati hasil tani yang lebih segar, karena petani membawa langsung hasil taninya untuk dijual yang berasal dari lahan taninya sendiri.

Keempat, dengan adanya pasar tani ini, akan mengantisipasi terhambatnya distribusi pangan ke mahakam ulu, yang berlangsung dengan meningkatkan produksi hasil tani, dengan begitu kita akan menghilangkan ketergantungan dengan distribusi dari luar Mahakam Ulu.

Kelima, ini akan membantu petani dan masyarakat ditengah pandemi covid-19, yang sedang kita hadapi, pasalnya pandemi tidak hanya berdampak pada kesehatan namun juga berimbas pada ketahanan ekonomi, sehingga keuangan negara yang berimbas pada struktur ekonomi masyarakat yang melemah, makanya dengan adanya pasar tani ini, kebutuhan dasar akan pangan yang terjangkau akan dapat terpenuhi, dan saya berharap akan muncul petani-petani lain yang akan menjual hasil taninya ke pasar tani walaupun pasar tani ini secara berkala, rabu dan sabtu, namun saya berharap kebutuhan akan pangan masyarakat dapat terpenuhi.

“Kepada petani dan masyarakat untuk tetap memperhatikan prosedur protokol kesehatan yang telah ditetapkan, tetap menggunakan masker dan tetap menjaga jarak saat berinteraksi di pasar tani,” tegasnya. (Alex/AI)

Related Posts