Close

BUPATI PIMPIN RAPAT VALIDASI DATA PENDUDUK

– Data Penduduk Untuk Penanganan COVID-19

DISKOMINFOSTANDI, MAHULU – Rapat Penyampaian hasil verifikasi dan validasi data penduduk dalam rangka penanganan wabah COVID-19 dipimpin langsung Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D), Senin (15/6).

Mencermati data verifikasi dan validasi yang disajikan oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P2PA), Bupati menyampaikan bahwa “kategori penerima bantuan sosial itu yang termasuk dalam penerima bantuan PKH, bantuan Provinsi, bantuan Nasional, bantuan BLT dan yang belum menerima bantuan sama sekali itu yang akan dibantu dan pastinya sudah ber-KTP Mahulu” ujar Bonifasius

(tengah) Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh memimpin rapat Verifikasi dan Validasi data penduduk di ruang rapat Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D). Senin (15/6)

Mewakili Kadis Dinsos P2PA, Kepala Seksi Penanggulangan Bencana, Kerjasama Kelembagaan dan Kemitraan, Papilus Panyu menyampaikan bahwa tujuan dilakukannya verifikasi dan validasi data untuk ditemukannya data penduduk mahulu yang valid dan sesuai dengan kondisi penduduk di kampung-kampung, agar bantuan yang di berikan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dapat tepat sasaran.
“Dan ini akan menjadi acuan pengambilan kebijakan dan keputusan pemerintah daerah,” tandas Panyu

Ditambahkannya, dasar hukum dilaksanakannya verifikasi dan validasi data yaitu UU Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Penanganan Fakir Miskin. Dengan adanya undang-undang ini diharapkan memberikan pengaturan yang bersifat komprehensif dalam upaya mensejahterakan fakir miskin yang terkena dampak covid-19 lebih terencana.

Guna mempercepat proses penyaluran bantuan verifikasi dan validasi data dilapangan dibentuk tim yang terdiri dari Dinas Sosial Perberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( Dinas Sosial P2PA), Inspektorat Mahakam Ulu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kampung (DPMPK), Bagian Ekonomi dan Pembangunan, Bagian Hukum dan Bidang Kesejahteraan Masyarakat dengan waktu pelaksanaan di mulai dari tanggal 6 – 12 Mei 2020.

Hadir mendampingi Bupati, Pj Sekretaris Daerah Mahakam Ulu Stephanus Madang, Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas Sekretariat Kabupaten Mahakam Ulu Dodit Agus Riyono memimpin (Tului/AI)

Related Posts