Close

Dinas Pertanian dan KTNA Lakukan Penanaman Perdana

– Padi Lahan Kering dan Lahan Basah

DISKOMINFOSTANDI – Dalam memperkenalkan teknologi modern di bidang pertanian kepada masyarakat Mahakam Ulu, yang bertujuan meningkatkan ketahanan pangan ditengah pandemi COVID-19. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mahakam Ulu bekerjasama dengan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Mahakam Ulu melakukan penanaman perdana padi lahan kering dan lahan basah seluas 3 hektar yang berlokasi di jalan poros Kampung Long Melaham dan Ujoh Bilang, Rabu (14/10).

Dijelaskan Pelaksana Harian (Plh) Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mahakam Ulu Ajan Gung, saat ini dilaksanakan penanaman perdana untuk padi lahan kering/gunung dan lahan basah di lokasi lahan KTNA Mahakam Ulu yang bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mahakam Ulu.Dalam kesempatan ini juga ingin memperkenalkan teknologi tepat guna kepada masyarakat Mahakam Ulu, lanjut Ajan, dengan harapan masyarakat Mahakam Ulu dapat memanfaatkan atau menggunakan teknologi pertanian ini dengan baik.

“Adapun jenis padi yang ditanam yaitu Mayas, Abung, Padi Ketan dan padi lahan basah,” ungkap Ajan yang definitifnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.Ditambahkannya, dengan dilaksanakan kegiatan penanaman perdana ini diharapkan dapat menjadi percontohan bagi masyarakat Mahakam Ulu bagaimana cara bercocok tanam yang mengaplikasikan teknologi tepat guna, bagaimana melakukan pemupukan yang baik, perawatan tanaman hingga sampai masa panen.

Nampak hadir dalam kegiatan penanaman perdana ini Kepala Dinas Pemerintahan Kampung dan Pemberdayaan Masyarakat (DPMPK) Damianus Tamha, Waka Polsek Long Bagun, Perwakilan Koramil Long Bagun, Kasi Statistik Bulan Huvat, pegawai Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, anggota KTNA Mahakam Ulu dan masyarakat Mahakam Ulu. (Alex/AI)

Related Posts