Close

Puskemas Ujoh Bilang Lakukan Vaksinasi Covid – 19 Tahap 2

DISKOMINFOSTANDI – Guna menekan penyebaran virus Covid – 19, di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB melakukan vaksinasi Covid – 19 bagi para pejabat, TNI Polri, Tokoh Masyarakat dan Tenaga Kesehatan di lingkungan Kabupaten Mahakam Ulu.

Berdasarkan Surat Instruksi dari Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Imunisasi Corona Virus Disease 2019 Tahap 2 Termin 1 di Kabupaten Mahakam Ulu menunjuk Puskesmas Ujoh Bilang untuk melakukan vaksinasi.

Untuk itu Puskesmas Ujoh Bilang membuat jadwal pelaksanaan vaksinasi Covid – 19 Tahap 2 Termin 1  berdasarkan surat nomor : 445.1.020/0095/TU-PKM.UB/III/2021 yang ditandatangani oleh Kepala Puksesmas Ujoh Bilang Siasinta Ipui.

Acara Pelaksanaan Vaksinasi dimulai sejak hari Selasa (2/3/2021) hingga hari Jumat (5/3/2021). Adapun para pejabat yang melakukan vaksinasi antara lain untuk hari Selasa (2/3/2021) yaitu Polsek Ujoh Bilang, Kepala BPJS, Kepala BPN Ujoh Bilang dan Kepala BRI Ujoh Bilang. Rabu (3/3/2021) yaitu TNI Kecamatan Long Bagun, Wasdal  Ujoh Bilang dan Satpol PP. Kamis (4/3/2021) yaitu Anggota DPRD Mahakam Ulu, Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan Admin TGT Mahakam Ulu. Jumat (5/3/2021) yaitu seluruh Kepala OPD Pemkab Mahakam Ulu, Kepala Bankaltim dan Tokoh Agama.

Dalam pantauan Tim Diskominfostandi Mahakam Ulu, proses pelaksanaan vaksinasi, dimulai dari mengukur suhu tubuh, dilanjutkan dengan wawancara penerima vaksin tentang umur, apakah ada memiliki penyakit bawaan dan setelah itu dilakukan pemberian suntikan vaksin. Setelah divaksin, diminta penerima vaksin untuk beristirahat selama 30 menit untuk memantau perkembangan gejala seusai divaksin.

Dijelaskan oleh Juru Bicara TGT Kabupaten Mahakam Ulu Nasution Himbau Djaang, kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan saat ini sudah pada tahap dua yang dipusatkan di Puskesmas Ujoh Bilang, dan Tahap Satu sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu di Balai Adat Ujoh Bilang.

Vaksin ini dilakukan merupakan program pemerintah pusat, yang mana vaksin-nya telah didistribusikan ke seluruh Indonesia, guna mencegah penyebaran virus Covid – 19.

“Kita berharap dengan dilakukan vaksinisasi ini dapat mencegah penyebaran virus dan memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Mahakam Ulu di masa-masa akan datang,” ungkap Nasution Himbau Djaang yang juga menjabat Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (4/3).

Dalam kesempatan itu, Nasution Himbau Djaang menghimbau kepada seluruh masyarakat, untuk tidak perlu kuatir lagi untuk melakukan vaksinasi, karena sangat bermanfaat bagi kesehatan dan memberikan perlindungan bagi imunitas tubuh. (Alex/AI)

Related Posts